Welcome In My Blog :)

Pages

Translate

Senin, 13 Januari 2014

Biografi singkat Ki Hajar Dewantara

Kata bijak super - Kata teladan dan motivasi Ki Hajar Dewantara Tentang Pendidikan - Ki Hajar Dewantara merupakan bapak pendidikan Indonesia. Beliau adalah seorang pahlawan bangsa. Ki hajar deantara adalah tokoh dan pelopor pendidikan yang telah mendirikan sekolah taman siswa pada tahun 1922.

Biografi Singkat Ki Hajar Dewantara


Pada Tanggal 2 Mei 1889 Ki Hajar Dewantara lahir di Yogyakarta. Nama asli Ki Hajar Dewantara yaitu Raden Mas Soewardi Soeryaningrat. Beliau berasal dari lingkungan keluarga kraton Yogyakarta. Raden Mas Soewardi Soeryaningrat, beliau berganti nama menjadi Ki Hadjar Dewantara saat genap berusia 40 tahun menurut hitungan Tahun Caka. Semenjak saat itu, ia tidak lagi menggunakan gelar kebangsawanan di depan namanya. Hal ini dimaksudkan supaya ia dapat bebas dekat dengan rakyat, baik secara fisik maupun hatinya. Beliau adalah sosok yang santun, sederhana dan berhati mulia. Walau keturunan ningrat namun Ki Hajar Dewantara tetap bergaul dengan rakyat bawah dan rajin memberikan pertolongan kepada yang membutuhkan.


kata+motivasi+Ki+Hajar+Dewantara

Perjalanan hidup Ki Hajar Dewantara benar-benar diwarnai perjuangan dan pengabdian demi kepentingan bangsanya. Ia menamatkan Sekolah Dasar di ELS (Sekolah Dasar Belanda) Kemudian sempat melanjut ke STOVIA (Sekolah Dokter Bumiputera), tapi tidak sampai tamat karena sakit. Kemudian ia bekerja sebagai wartawan di beberapa surat kabar antara lain Sedyotomo, Midden Java, De Express, Oetoesan Hindia, Kaoem Moeda, Tjahaja Timoer dan Poesara. Pada masanya, ia tergolong penulis handal. Tulisan-tulisannya sangat komunikatif, tajam dan patriotik sehingga mampu membangkitkan semangat antikolonial bagi pembacanya.

Ki Hajar Dewantara Selain ulet sebagai seorang wartawan muda, ia juga aktif dalam organisasi sosial dan politik. Pada tahun 1908, ia aktif di seksi propaganda Boedi Oetomo untuk mensosialisasikan dan menggugah kesadaran masyarakat Indonesia pada waktu itu mengenai pentingnya persatuan dan kesatuan dalam berbangsa dan bernegara.
Ki Hajar Dewantara sangat aktif dan peduli dengan dunia pendidikan. Salah satu bukti kepeduliannya yaitu beliau mendirikan Sekolah Taman Siswa pada Tahun 1922.

Beliau banyak memberikan teladan dan motivasi kepada kaum muda untuk terus semangat dalam belajar tentang ilmu pengetahuan. Salah satu kata kata motivasi dari Ki Hajar Dewantara yang sampai sekarang masih melekat di benak kita semua yaitu semobyan :

"Tut wuri handayani", atau aslinya: ing ngarsa sung tulada, ing madya mangun karsa, tut wuri handayani. Arti dari semboyan ini adalah: tut wuri handayani (dari belakang seorang guru harus bisa memberikan dorongan dan arahan), ing madya mangun karsa (di tengah atau di antara murid, guru harus menciptakan prakarsa dan ide), dan ing ngarsa sung tulada (di depan, seorang pendidik harus memberi teladan atau contoh tindakan yang baik)


Beliau juga pernah berkata “MANUSIA MERDEKA ADALAH TUJUAN PNEDIDIKAN, MERDEKA BAIK SECARA FISIK MENTAL DAN KEROHANIAN”.

Itulah Ki Hdjar Dewantara, bapak pendidikan Indonesia yang berhati mulia dan banyak memberikan teladan bagi kita semua. sekian dan semoga bermanfaat.

sumber : http://katabijaksuper.blogspot.com/2013/10/kata-teladan-motivasi-ki-hajar-dewantara.html

1 komentar:

Unknown mengatakan...

http://taipannnewsss.blogspot.com/2018/03/wanita-egois-dalam-cinta-itu-penting.html

QQTAIPAN .ORG | QQTAIPAN .NET | TAIPANQQ .VEGAS
-KARTU BOLEH BANDING, SERVICE JANGAN TANDING !-
Jangan Menunda Kemenangan Bermain Anda ! Segera Daftarkan User ID nya & Mainkan Kartu Bagusnya.
Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
1 user ID sudah bisa bermain 8 Permainan.
• BandarQ
• AduQ
• Capsa
• Domino99
• Poker
• Bandarpoker.
• Sakong
• Bandar66
Kami juga akan memudahkan anda untuk pembuatan ID dengan registrasi secara gratis.
Untuk proses DEPO & WITHDRAW langsung ditangani oleh
customer service kami yang profesional dan ramah.
NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER
Anda Juga Dapat Memainkannya Via Android / IPhone / IPad
Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam !!
• WA: +62 813 8217 0873
• BB : D60E4A61
• BB : 2B3D83BE
Come & Join Us!

Posting Komentar