Welcome In My Blog :)

Pages

Translate

Senin, 24 Februari 2014

Ciri Khas Musik Rock Jepang



J-Rock
Jepang adalah salah satu Negara yang kaya akan budaya. Budaya itu trus berkembang dan menjadi salah satu tren saat ini, misalnya harajuku style sampai aliran musiknya. Musik dari jepang punya ciri unik, dimana disetiap aliran yang muncul selalu didahului oleh huruf "J", mulai J-Pop, J-Rap, sampai J-Rock, dan hebatnya lagi musik jepang mampu mencari jati dirinya sendiri sekalipun mengadopsi musik lain.

Sebagai contoh aliran J-Rock, J-Rock mengadopsi musik rock barat behasil disulap sedemikian rupa sampai menjadi musik rock aliran baru dengan inovasi-inovasi dan pengembangan dari musik yang ditiru.

Ada beberapa ciri yang membuat J-Rock berbeda dengan musik rock Amerika, yaitu dalam hal komposisi musik, sound, dan performance. Selain itu, dari segi vokal biasnya penyanyi J-Rock memiliki karakter yang kuat dan khas yang identik dengan vibrasi dan teknik falsetto. Permainan alat musik juga menjadi khas aliran musik ini , terutama permainan bass yang intens dan tidak hanya memeainkan akord saja,

Disamping ciri musik yang khas, penampilan pemusik J-Rock juga mempunyai ciri khas tersendiri, biasanya pemusik J-Rock mempunyai tema Visual Kei (V-Kei) yang mengutamakan penampilan visual untuk menarik perhatian penonton. Prinsip dari V-Kei yaitu pemusik mengenakan pakaian yang terkesan feminin meskipun personilnya adalah laki-laki.

Di Indonesia sendiri, aliran J-Rock ini populer seiring film anime yang tayang di Indonesia. Band J-Rock di Indonesia sering tampil dengan membawakan soundtrack lagu-lagu anime hingga meyanyikan lagu karya band J-Rock jepang itu sendiri. Band J-Rock Indonesia ini semakin berkembang dengan munculnya acara-acara bernuansa jepang seperti Japan Festival (Jakarta Barat), Japanese Rock Day (Jakarta Selatan), dan Bunkasai yang diadakan berbagai Universitas di Indonesia.
Sumber : http://ggamoshin.blogspot.com/2012/06/jepang-adalah-salah-satu-negara-yang.html


1 komentar:

maulanabi mengatakan...

terima kasih :)

Posting Komentar